Laboratorium Prodi Manajemen Zakat Bantu Mahasiswa agar Tak Putus Kuliah

Laboratorium Prodi Manajemen Zakat Bantu Mahasiswa agar Tak Putus KuliahSURYA.co.id | SURABAYA –Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggalakkan program zakat di laboratorium program pendidikan (Prodi) manajemen zakat untuk pembiayaan mahasiswa tidak mampu. Pembiayaan ini nantinya berasal dari pegelolaan laboratorium yang menghimpun zakat dari kalangan dosen serta mahasiswa,hingga masyarakat umum.
Di laboratorium ini, infaq atau shodaqoh tidak harus berupa uang, bisa barang bekas berkualitas akan dikelola agar bisa dijual kembali. Selama ini banyak dosen dan mahasiswa akan berinfaq, namun tidak tahu kemana. Laboratorium tersebut akan menjadi wadah.
“Biasanya bersamaan awal semester banyak mahasiswa mengajukan permohonan keringanan biaya kuliah. Yang semula orangtuanya mampu dan meninggal, akhirnya mahasiswa kesulitan biaya. Seperti ini yang akan menjadi salah satu perhatian laboratorium yangseperti badan amil zakat ini,” jelas ” kata Wakil Rektor I UINSA Syamsul Huda ketika dikonfirmasi SURYA.co.id, Sabtu (3/6/2017).
Derma yang diterima, kata Syamsul, akan dikelola secara profesional. Fokus yang akan diperhatikan adalah internal UINSA, yakni mahasiswa. Selanjutnya baru keluar kampus, eksternal melalui masjid. “Ada yang infaq buku. Contoh, orangtuanya memiliki buku disiplin ilmu tertentu, namun anaknya memilih disiplin ilmu lainnya. Buku orangtua disumbangkan anaknya ke laboratorium,” lanjutnya.
Laboratorium itu, menurut Stamsul, juga bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Jawa Timur. Terutama untuk penyaluran infaq ke eksternal UINSA.
Ketua BAZNas Jawa Timur Abd Salam Nawawi mengungkapkan laboratorium ini akan menjadi salah satu kepanjangan tangan dalam mengelola infaq dan shoaqoh. Ramadan tahun 2016 lalu pihaknya menghimpun infaq dan shodaqoh senilai Rp42,7 miliar.
“Kami juga memberikan pelatihan ke mahasiswa. Mahasiswa juga kami ajarkan dengan ikut langsung auidit pengumpulan zakat. Terutama pada bulan Ramadan seperti sekarang karena tidak semua kabupaten/kota di Jatim ada kepengurusan BAZNas,” lanjutnya.

SUMBER

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s