DragonflEye, Capung Cyborg yang Gerakannya bisa Dikontrol dari Jarak Jauh

capung cyborgTeknologi drone semakin canggih dan terus akan berkembang. Bukti terbarunya adalah capung cyborg yang disebut dengan DragonflEye. Capung cyborg ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Charles Stark Draper Laboratory bersama dengan Howard Hughes Medical Institute.Seperti halnya sebuah cyborg, DragonflEye ini merupakan tubuh capung yang telah dimodifikasi. Para peneliti berhasil memodifikasi syaraf kontrol pada serangga tersebut.

Selanjutnya, mereka pun menempatkan sensor serta panel sel surya berukuran kecil pada punggung cyborg ini.Dengan modifikasi tersebut, DragonflEye ini bisa digunakan untuk melakukan pengumpulan data dari jarak jauh. Para peneliti pun bisa mengatur gerakan cyborg ini. Keberadaannya bakal sangat berguna, terutama jika dipakai untuk pengamatan di area yang berbahaya bagi manusia. Juga sangat tepat kalau digunakan untuk aktivitas spionase.

capung cyborg-2

Keberadaan teknologi terbaru ini di satu sisi sangat menarik. Namun, di sisi lain, teknologi ini benar-benar menakutkan. Apalagi, kalau para peneliti bisa menciptakan cyborg dalam ukuran yang lebih besar, dengan menggunakan hewan lain.

Namun, untuk menuju ke arah situ masih cukup jauh. Saat ini, para peneliti hanya mampu mengontrol gerakan capung cyborg ini untuk terbang lurus. Kita tunggu saja perkembangan teknologi ini di masa depan. (BHK)

SUMBER

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s