Banyak Daki Tapi Malas Mandi, Risikonya Infeksi Kulit

Banyak Daki Tapi Malas Mandi, Risikonya Infeksi KulitJakarta, Hari libur biasanya identik dengan kebiasaan malas mandi. Padahal jika sebelumnya aktivitas Anda banyak hingga tubuh kotor dan berdaki, efeknya bisa sampai memicu infeksi kulit.

Demikian disampaikan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin Edmo Clinic Jakarta Selatan, dr Eddy Karta, SpKK kepada detikHealth. Hal ini karena daki yang dibiarkan saja bisa menjadi media yang baik bagi tumbuhnya bakteri. Selain bau badan, efeknya juga bisa memicu datangnya infeksi kulit.

Daki sendiri merupakan bagian dari kulit yakni stratum korneum yang terlepas. Umumnya stratum korneum ini akan terlepas secara wajar sedikit demi sedikit setiap empat pekan.

Baca juga: Efek Malas Ganti Baju Saat Berkeringat: Timbul Panu Hingga Imun Drop

“Kondisi ini semakin melambat saat usia bertambah. Oleh karena itu daki lebih banyak dialami oleh anak anak dan remaja dan semakin berkurang dengan bertambahnya usia,” tutur dr Eddy.

Tak melulu tampak mudah terlihat, tubuh yang bersih bisa saja ‘menyimpan’ daki. Sebab daki juga bisa banyak terdapat pada daerah lipatan yang lembab. Hal ini karena stratum korneum mengalami maserasi yaitu pelunakan akibat basah terus.

“Hal ini memudahkan bagian tersebut menjadi terkelupas sebagai daki, bahkan mungkin sebelum waktunya terkelupas yang kemudian menyebabkan kulit terkelupas dan perih. Jadi daki tidak selalu akibat jorok,” imbuh dr Eddy.

Maka dari itu, untuk menghilangkan total daki dari tubuh, Anda perlu mandi dan menggosok setiap lipatan tubuh dengan seksama. Bersihkan dengan perlahan dan pastikan tidak ada sisa daki yang menempel.

Baca juga: Sering ‘Banjir’ Keringat Padahal Cuaca Tak Panas? Ini Sebabnya

(ajg/up)

SUMBER

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s