Wujud Bhinneka Tunggal Ika, Tokoh Lintas Agama Ikut Bersihkan Masjid

Tokoh lintas agama di sela-sela kegiatan bersih-bersih 12 masjid se-Palangka Raya.JawaPos.com – Kata Bhinneka Tunggal Ika di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) tak hanya sekadar slogan. Masyarakat antarumat beragama di kota ini benar-benar bisa hidup berdampingan dan tentram.
Ketentraman itu bukan sekadar simbol saja. Bahkan tokoh lintas agama di daerah ini dengan memanfaatkan momentum bulan Ramadan dan hari lahir Pancasila ikut membersihkan masjid. Tak tanggung-tanggung, ada 12 masjid yang bersihkan.

Bersama TNI, tokoh agama dan pemuda itu terlibat melakukan aksi bersih-bersih masjid pada Jumat (2/6). Wayan Pait dari Perhimpunan Suka Duka Hindu Dharma Kota Palangka Raya menuturkan, kegiatan bersih masjid menjadi cara memupuk rasa kepedulian sesama, dan memberikan semangat kepada umat muslim yang sedang menjalani ibadah puasa.

“Dengan ini kita sebagai umat beragama yang damai, rukun saling toleransi, saling menjaga, dengan ini kita memperlihatkan rasa persaudaraan antar keyakinan sangat kuat di sini,” ucapnya sebagaimana dilansir dari Kalteng Pos (Jawa Pos Group), Sabtu (3/6).

Adapun tokoh agama yang ikut dalam kegiatan itu yakni Kristen, Katolik, Hindu, Muslim serta aparat TNI. “Menurut saya ini aksi yang luar biasa, sebagai tindak lanjut kegiatan terdahulu, namun yang sekarang pemuda pemudi gereja, Hindu, ikut andil dalam kegiatan ini,” ujar Kepala Korem 102/Panju Panjung Kolonel Arm Naudi Nurdika.

Bukan hanya seremoni belaka. Gotong royong membersihkan 12 masjid yang ada di Palangka Raya menjadi cara masyarakat Bumi Tambun Bungai mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu.

Wujud dari sila pertama Pancasila berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa, menjadi cermin dan bukti kerukunan hidup antar umat beragama. “Dengan kegiatan ini kita bisa lihat betapa indahnya keberagaman antar umat beragama di Kalteng, kita juga berharap bukan hanya di masjid saja nantinya bahkan di tempat ibadah seperti gereja, dan pura dan yang lainya, tidak hanya di Palangka Raya saja, kita mencoba menerapkan ini di seluruh kabupaten,” harapnya. (DENAR/iil/JPG)

SUMBER

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s